20111226

Mengenal dasar-dasar Otomotif






 Struktur sebuah kendaraan/automobil merupakan sebuah susunan dari beberapa bagian unit-unit kecil mekanis penggerak Dari beberapa mekanis itu ada perbedaan antara satu jenis type kendaraan dengan kendaraan lainnya,yaitu perbedaan antara mesin yang menggunakan bahan bakar bensin (gasoline automobile) dengan mesin yang menggunakan bahan bakar solar (diesel automobile), apalagi sekarang sudah dikembangkan mesin yang menggunakan bahan bakar listrik (electrical automobile) serta mesin yang menggunakan turbin gas (gas turbin automobile) maupun bahan bakar hibrida.
 Secara umum sebuah kendaraan/automobil terdiri dari ;
  -Body
  -Chassis

  Body
 
potongan sebuah body mobil (foto,google image)

  Untuk body kendaraan sendiri umumnya banyak menggunakan plat logam (steel plate) yang tebalnya kira-kira 0,6 mm sampai dengan 3 mm,adapula yang mengembangkan body kendaraan menggunakan bahan serat karbon,ataupun bahan  fiber.

  Ketebalan suatu body kendaraan tergantung kebutuhan maupun penggunaan khusus kendaraan itu sendiri misalnya kendaraan khusus untuk kepala negara maupun kendaraan khusus militer ( tank,panser,dll) tidak sama dengan kendaraan yang diproduksi massal untuk kalangan sipil, mereka menggunakan bahan khusus yang diyakini mampu "melawan" medan tugas mereka.

     Chassis

                                         Struktur chassis mobil jaman dahulu (foto,google image)

  Pada struktur chassis ini meliputi; engine/mesin, rangka, pemindah gigi, roda-roda, sistem kemudi, sistem suspensi beserta kelengkaoan yang lain.(bahasan selengkapnya diposting berikutnya).

  Perbedaan yang dikupas disini adalah dari bahan bakar yang digunakan, karena perbedaan bahan bakar tersebut mempengaruhi perbedaan pengkompresian bahan bakar juga.
   Bahan bakar solar yang merupakan bahan bakar yang oktannya lebih rendah daripada bensin,karena bensin lebih mudah menguap pada temperatur tertentu, oleh karena itu sistem kerja mesin diesel membutuhkan sistem kerja kompresi bahan bakar lebih tinggi .
 Disini sudah jelas perbedaan sistem kerja alat yang diperlukan sebuah unit mesin yang akan mengubah bahan bakar menjadi tenaga gerak ,sebuah mesin solar membutuhkan sebuah alat pompa injektor dan injektor (nozzel) yang berfungsi mengabutkan bahan bakar/solar untuk proses pembakaran, sedangkan mesin bensin membutuhkan karburator yang berfungsi mengabutkan bahan bakar dan busi untuk proses pembakaran di ruang bakar.

   I.Mesin diesel.

 Injektor sendiri terdiri dari Pompa injektor dan injektor (nozzel).
 Fungsi Injektor ( nozzel ) itu sendiri adalah untuk mengatomisasikan bahan bakar yang disalurkan dari pompa injeksi pada tekanan tinggi dan memberi tenaga penyebaran,pembagian dan penerobosan bahan bakar.
  Dengan perbandingan kompresi 15-22 dan suhu udara kompresi kira-kira sebesar 500 derajat celcius.
  Selama langkah kompresi udara yang masuk ditekan mencapai 30-55 bar,sedangkan temperaturnya naik antara 700 derajat-900 derajat.

                                              Skema gambar mesin diesel (foto,google image)

  II. Mesin bensin.

 Pada motor bensin digunakan karburator yang berfungsi mencampur bahan bakar dengan udara pada kondisi tertentu untuk disalurkan ke ruang bakar yang nantinya akan dipercikkan api dari busi.
  Dengan perbandingan kompresi 6-12,


                                            .Skema gambar mesin bensin (foto,google image)

  Demikian sedikit bahasan mengenai dasar-dasar automotif .   bersambung.........

3 komentar:

  1. The hard part in automobile is the maintenance. You need to check the different parts to know the problem of automobile.

    BalasHapus
  2. info yang menambah wawasan terimakasih .

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah berbagi informasi menarik dan bermanfaatnya
    Tetap semangat untuk share info yang lainnya!!!!

    BalasHapus